Search This Blog

Saturday, March 30, 2013

CUCAK IJO SUPER


CUCAK IJO SUPER

Seperti apa yang dimaksud dengan Cucak Ijo Super "CIS"...!?!, bagaimanakah ciri-ciri dari CIS tersebut...?
Biasanya hal tersebut kebanyakan akan tergantung dari para yang punya atau pemilik/komunitas tertentu, mereka mau menyebutnya dengan sebutan 'Cucak Ijo Super', 'CIS' atau TOP, Istimewa, dan atau dengan istilah sebutan lain yang mengartikan bahwa burung cucak ijo tersebut adalah burung berkualitas wahid atau bagus, itu adalah hak nya dari mereka, silahkan saja suka-suka mereka tidak ada aturan yang melarangannya.  Namun satu hal yang penting selama ini yang menyebabkan CI didalam penyebutannya adalah kebanyakan diambil berdasarkan dari daerah dimana asalnya CI tersebut, misalnya Cucak Ijo Jember/Banyuwangi, Cucak Ijo Sumatera (Medan, Palembang), Cucak Ijo Blora dan seterusnya. 
Sedangkan untuk penyebutan/penambahan kata "SUPER", pada umumnya untuk menunjukkan pada jenis Cucak Ijo yang memiliki badan bongsor/besar, dan ini kebanyakan Cucak Ijo yang berasal dari daerah Banyuwangi/Jember dan sekitarnya. Umumnya, Sedangkan untuk arti kata "SUPER" itu sendiri adalah: Bagus, Kuat, Istimewa, dst; jadi kata Super tersebut untuk menunjukkan/mengindikasikan bahwa burung CI tersebut mempunya kualitas yang bagus/istimewa...... dst. 
Sedangkan untuk Cucak Ijo yang memiliki postur tubuh yang besar, kebanyakan suaranya akan lebih ngebas dan jarang akan mengeluarkan suara isian yang melengking-lengking/nyaring seperti suara cililin atau jangkrik, mereka akan lebih cenderung mudah untuk menirukan suara aseli Murai Batu, Cucak Rowo. 
"SALAM SUPER".....  Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment